Ruang Lingkup Materi Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak

Tuesday, September 04, 2012 10 Comments A+ a-

Ruang Lingkup Materi Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak
Ruang Lingkup Materi Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak

Sebelum melanjutkan penulisan materi-materi untuk Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini, ada baiknya penyusun menjelaskan ruang lingkup materi Ilmu Hisab Falak yang akan didokumentasikan di dalamnya. Tentu saja agar pembaca Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini tidak mencari atau menunggu catatan tentang materi di luar ruang lingkup Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini.

Penyusun sengaja menggunakan istilah Ilmu Hisab Falak, bukan Ilmu Falak atau Ilmu Hisab, dengan tujuan untuk membatasi pendokumentasian hanya pada bagian tertentu dari materi-materi yang dipelajari dalam Ilmu Falak. Ilmu Falak di sini pun yang dimaksud hanya Ilmu Falak Syar‘iy1 yang materinya secara garis besar meliputi 4 bidang kajian utama:

  1. Penentuan arah qiblah.
  2. Penentuan waktu shalat.
  3. Penentuan awal bulan hijriyah.
  4. Penentuan waktu gerhana matahari dan gerhana bulan.2

Dalam Ilmu Falak Syar‘iy keempat materi tersebut dibahas dari berbagai sisi antara lain dari sisi:

  1. Fiqh yaitu kajian dari sisi hukum Islam, seperti kajian tentang hukum mengubah mihrab dan shaf shalat di masjid-masjid lama setelah diketahui ketidaktepatan arah qiblahnya, kajian tentang kedudukan hisab falak dalam penentuan awal bulan hijriyah, kajian tentang hukum shalat gerhana saat terjadi gerhana selain gerhana matahari dan gerhana bulan, dan sebagainya.
  2. Hisab falak yaitu perhitungan astronomis atau algoritma astronomis, seperti kajian tentang tahap-tahap perhitungan dengan berbagai metodenya untuk penentuan arah qiblah, waktu shalat, awal bulan hijriyah dan waktu gerhana matahari dan gerhana bulan.
  3. Alat dan teknik observasi (ru’yah) yaitu pengamatan langsung di lapangan, seperti kajian tentang peralatan dan teknik meluruskan arah qiblah dengan berbagai metodenya, kajian tentang observasi waktu-waktu shalat seperti saat fajar dan ‘isyā’ untuk meneliti kesesuaian berbagai konstanta yang dipergunakan dalam perhitungan waktu shalat, kajian tentang alat, teknik dan tempat observasi hilal untuk penentuan awal bulan hijriyah, dan sebagainya.

Penyusun sengaja menggunakan istilah Ilmu Hisab Falak untuk menunjukkan pemusatan kajian hanya dari sisi hisab falak (perhitungan astronomis atau algoritma astronomis) saja. Sehingga, materi-materi yang akan didokumentasikan dalam Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini hanya terbatas pada materi-materi Ilmu Falak Syar‘iy dari sisi hisab falak (perhitungan astronomis atau algoritma astronomis) saja, yaitu 4 bidang kajian utama berikut dan  yang berkaitan sangat erat dengannya:

  1. Perhitungan arah qiblat.
  2. Perhitungan waktu shalat.
  3. Perhitungan awal bulan hijriyah.
  4. Perhitungan waktu gerhana matahari dan bulan.

Adapun materi-materi yang berkaitan sangat erat dengan 4 bidang kajian utama di atas, antara lain:

  1. Berbagai materi dalam matematika yang wajib dikuasai untuk mendukung proses mempelajari Ilmu Hisab Falak, seperti Plane Trigonometry dan Spherical Trigonometry.
  2. Pengenalan software-software yang dapat dipergunakan sebagai alat bantu hitung yang paling mudah dipelajari dan familiar yaitu program aplikasi spreadsheet3 yang mendukung automatisasi program seperti Microsoft Office Excel dan Open Office Calc.
  3. Pengenalan software-software Ilmu Hisab Falak atau disebut juga Software Aplikasi Falak (SAF)4 baik yang berfungsi sebagai sumber data untuk perhitungan seperti WinHisab maupun sebagai sarana perbandingan hasil perhitungan seperti Accurate Times.
  4. dan sebagainya.

Pembatasan materi yang akan didokumentasikan dalam Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini berangkat dari antara lain:

  1. Pengalaman penyusun di masa awal mempelajari Ilmu Hisab Falak yang mengalami banyak kesulitan karena langkanya sarana belajar Ilmu Falak Syar‘iy dari sisi hisab falak (perhitungan astronomis atau algoritma astronomis).
  2. Keinginan untuk lebih memasyarakatkan Ilmu Hisab Falak yang sering terkesan dan dianggap sulit. Memang Ilmu Hisab Falak pada tingkatan tertentu tidak dapat dikatakan mudah, namun akan lebih sulit lagi bila sesuatu yang tidak mudah terlanjur dianggap sulit sebelum mencobanya. Penyusun sering mendengar ada yang baru mendengar satu istilah matematika saja sudah langsung berkata sulit, saya tidak mampu, dan sebagainya, terlebih begitu melihat deretan angka yang begitu banyak. Mental-mental melarikan diri dan putus asa pun muncul.... Namun yang lebih mengherankan dan memprihatinkan adanya fenomena terlalu cepat meyakini kelebihbenaran hasil hisab falak dari sesuatu yang diikutinya tanpa mengetahui langkah-langkah dan metode hisab falak yang dipergunakan. Sebuah fenomena yang sebenarnya tidak pantas muncul di kalangan ummat yang perintah pertama yang diturunkan dalam kitab sucinya adalah perintah membaca.
  3. Bidang keilmuan yang pada masa kecil menjadi cita-cita penyusun untuk digeluti yaitu matematika dan fisika namun tidak tercapai. Karena adanya arahan dari ayahanda penyusun untuk menggeluti bidang keilmuan lain yaitu ilmu-ilmu syar‘iy (bukan untuk mendikotomikan ilmu, namun sekedar untuk menunjuk kepada ilmu-ilmu yang materi pokoknya tentang syarī‘ah Islam secara langsung seperti aqidah, fiqh, dan sebagainya). Bukan suatu kebetulan bahwa ternyata ada satu bidang ilmu syar‘iy yang tidak mungkin dipisahkan dari matematika dan fisika, yaitu Ilmu Falak Syar‘iy dari sisi hisab falak (perhitungan astronomis atau algoritma astronomis). Sayang penyusun tidak terlalu dalam menguasai fisika sehingga penyusun hanya memilih materi Ilmu Falak Syar‘iy dari sisi yang bersifat matematis saja meski bekal penyusun dalam bidang matematika pun sangat terbatas.

Demikian, semoga penjelasan ini dapat menghindarkan pengunjung Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini dari kekecewaan karena mencari atau menunggu sesuatu yang di luar ruang lingkup materi yang akan didokumentasikan di dalamnya.

Perlu juga difahami karena Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak lebih bersifat catatan ketika belajar yang artinya penyusun masih dalam tahap belajar yang sebagian besarnya ditempuh secara autodidak. Sehingga kemunculan materi-materinya pun tidak selalu dalam jarak waktu yang dekat atau tetap. Bahkan kemungkinan munculnya revisi total dari sebuah catatan yang sudah muncul pun sangat besar.

Akhir kata, penyusun  Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak berharap adanya dukungan dari pengunjung terutama dalam bentuk doa, saran dan kritik yang membangun sehingga penyusunan Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini dapat berjalan dan terwujud sesuai harapan. Karena manusia hanya berencana dan hanya Allah subĥanahu wa ta‘ālā sajalah yang Maha Berkuasa menentukan terwujud atau tidaknya rencana tersebut. Mari belajar dan berbagi hasil belajar!.


Catatan Kaki

1 Ilmu Falak Syar‘iy adalah Ilmu Falak yang khusus mengkaji gerak matahari dan bulan untuk menentukan waktu-waktu ibadah dan arah kiblat. Lihat: Tim Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Pedoman Hisab Muhammadiyah, Majelis Tarjid dan Tajdid PP Muhammadiyah, Yogyakarta, cetakan ke-2, Sya‘bān 1430 H / Agustus 2009 M, hal. 4. Versi ebook dalam format pdf dapat didownload di: http://www.muhammadiyah.or.id/id/download-kalender-islam-falak-20.html atau http://tarjih.muhammadiyah.or.id/download-bukubuku-tarjih-287.html (akses tanggal 4 September 2012 M).

2 Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, M.A, Ilmu Falak : Sejarah, Perkembangan dan Peranannya dalam Islam, Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Falak (LP2IF)-Rukyatul Hilal Indonesia (RHI), 31 Agustus 2011 M, http://rukyatulhilal.org/falakiyah/index.html (akses tanggal 4 September 2012 M) dengan perubahan redaksi.

3 Spreadsheet adalah program aplikasi komputer interaktif untuk mengorganisasikan dan menganalisa informasi dalam bentuk tabel. Spreadsheet dikembangkan sebagai simulasi komputer dari lembar kerja akuntansi. Program beroperasi pada data yang dipaparkan sebagai kumpulan sel dari serangkaian data yang diorganisasikan dalam baris dan kolom. Setiap sel dari serangkaian data dapat memuat baik data numerik maupun text, atau hasil dari suatu rumus yang secara automatis menghitung dan menampilkan sebuah hasil berdasarkan isi dari sel-sel lain. Diterjemahkan secara kasar dari Wikipedia, Spreadsheet, Wikipedia The Free Encyclopedia, 1 September 2012 M, http://en.wikipedia.org/wiki/Spreadsheet (akses tanggal 4 September 2012 M).

Lihat juga daftar berbagai program aplikasi spreadsheet di Wikipedia, List of spreadsheet software, Wikipedia The Free Encyclopedia, 3 Agustus 2012 M, http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_spreadsheets (akses tanggal 4 September 2012 M) dan perbandingan antara berbagai program aplikasi spreadsheet di Wikipedia, Comparison of spreadsheet software, Wikipedia The Free Encyclopedia, 1 September 2012 M,  http://en.wikipedia.org/wiki/Comparison_of_spreadsheet_software (akses tanggal 4 September 2012 M)

4 Software Aplikasi Falak (SAF) adalah program komputer (software) yang didisain khusus untuk perhitungan (hisab) terhadap hitungan-hitungan ilmu falak-syar'i. Perhitungan tersebut meliputi:

  • Hisab Awal Bulan Komariyah / Hijriyah.
  • Hisab Waktu Shalat dan Imsakiyah.
  • Hisab Arah Kiblat.
  • Hisab Gerhana Matahari dan Bulan.
  • Hisab Konversi Penanggalan Hijriyah - Masehi.
  • Hisab Posisi Harian Matahari dan Bulan.
  • Hisab Visibilitas Hilal dari sebuah tempat.
  • Hisab Fase-fase Bulan.
  • Hisab Saat Peneraan Arah Kiblat berdasarkan bayangan dan posisi matahari dsb.

Lihat: Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Falak (LP2IF)-Rukyatul Hilal Indonesia (RHI), Software Aplikasi Falak (SAF), Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Falak (LP2IF)-Rukyatul Hilal Indonesia (RHI), 7 Mei 2009, http://rukyatulhilal.org/software/index.html (akses 4 September 2012).


Dipublikasikan pertama kali pada tanggal 4 September 2012 M.

10 comments

Write comments
metha qutnie
AUTHOR
Monday, 3 December 2012 at 15:51:00 GMT+7 delete This comment has been removed by the author.
avatar
Indah P
AUTHOR
Saturday, 16 February 2013 at 19:07:00 GMT+7 delete

Subhanallah..banyak Ilmu disni. Semoga bermanfaat untuk yg membutuhkan ilmu ini. Mksh sudah berbagi

Reply
avatar
Monday, 1 April 2013 at 14:59:00 GMT+7 delete

bismillah
semoga muncul ilmuan-ilmuan berkopenten lagi di islam sperti kejayaanya pada waktu "itu"

Reply
avatar
Thursday, 18 July 2013 at 03:25:00 GMT+7 delete

اخي الكريم كيف يمكنني الحصو ل على نسخة من الربع المجيب Rubu' Mujayyab قابلة للطباعة

Reply
avatar
Thursday, 15 August 2013 at 00:29:00 GMT+7 delete

@Mohammed Mansri
زر هذه الصفحة:
http://imanguide.com/ar/islamic-turath/282-rubu-mujeeb
فيها صورة تقريبة للربع المجيب صممهاالباحث عبد الحكيم السعدي و لم أجد غيرها.
شكرا على زيارتكم هنا و عفوا.

Reply
avatar

Tinggalkan komentar Anda berupa saran atau kritik yang membangun dan menyempurnakan materi dalam catatan celajar Ilmu Hisab Falak ini! Terimakasih atas kunjungan Anda dan semoga Anda mendapatkan manfaat dari catatan celajar Ilmu Hisab Falak ini!