Font Arab dalam Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak

Font Arab dalam Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak
Font Arab dalam Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak

Sebagaimana dalam blog utama penyusun yaitu Catatan Belajarku, dalam Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini pun ada kemungkinan penyusun akan mencantumkan kalimat-kalimat ber-Bahasa Arab yang hanya bisa ditulis dengan tepat menggunakan Huruf Arab. 

Sebagaimana penyusun paparkan Catatan Belajarku berjudul Font Arab dalam Catatan Belajarku, penyusun menggunakan kriteria tertentu yang penyusun pilih sendiri, antara lain:

  1. Berkaitan dengan bentuk sukun.
    Dalam penulisan Huruf Arab, dikenal dua bentuk sukun, yaitu sukun dengan bentuk seperti kepala huruf ـۡــ (hampir seperti kepala huruf حـ) dan sukun dengan bentuk hampir seperti lingkaran ـْــ (berbentuk hampir seperti lingkaran atau seperti angka lima dalam dengan Huruf Arab).
    Berkaitan dengan dua bentuk sukun tersebut, penyusun lebih memilih bentuk pertama.
  2. Berkaitan dengan penulisan fathah berdiri (al-alif al-khanjariyyah/dagger alif).
    Penggunaan fathah berdiri (al-alif al-khanjariyyah/dagger alif) berdasarkan pengamatan penyusun kadang tidak konsisten dan sering diganti dengan tanda madd dengan bentuk ـٓــ. Penyusun cenderung memilih menggunakan fathah berdiri (al-alif al-khanjariyyah/dagger alif) untuk menandai huruf yang dibaca panjang dua harakat, sedangkan tanda kedua tanda madd dengan bentuk ـٓــ untuk menandai huruf yang dibaca panjang melebihi dua harakat.
    Oleh karena itu, dalam menulis kata القرأن penyusun lebih memilih menulisnya الۡقُرۡأٰنُ daripada الۡقُرۡأٓنُ

Penggunaan tanda baca yang penyusun pilih tersebut bukan berarti menyatakan salah terhadap penggunaan tanda baca yang tidak penyusun pilih. Pilihan penyusun lebih berdasarkan kepada rasa konsistensi penggunaan tanda baca serta untuk menghampiri (artinya tidak 100% mengikuti) penggunaan tanda baca dalam kebanyakan Mushhaf Al-Qur'an cetakan baru.

Problem yang muncul dari penggunaan tanda baca yang penyusun pilih adalah langkanya Font Arab yang mendukung. Dari sekian Font Arab yang penyusun kenali, hanya sedikit yang mendukung secara penuh pilihan penyusun, antara lain:

  1. Amiri, lihat informasinya di Catatan Belajarku berjudul "Font Arab Amiri 0.101", atau langsung download di halaman download atau halaman download.
  2. Arabic Typesetting, bawaan Microsoft Windows Vista (Arabic Typesetting versi lama yang tidak mendukung peletakan kasrah di bawah huruf ketika bersama tasydid) dan Microsoft Windows Seven.
  3. Sakkal Majalla, bawaan Microsoft Windows Vista dan Microsoft Windows Seven.

Dari ketiga Font Arab tersebut, penyusun memilih menggunakan Font Arab Amiri dengan alasan yang penyusun sebutkan dalam Catatan Belajarku berjudul "Font Arab Amiri 0.101" dan "Font Arab dalam Catatan Belajarku Update sejak Mei 2012".

Sayangnya sepengetahuan penyusun blogger.com tidak menyediakan tempat untuk menyimpan Font Arab Amiri dalam format yang dapat di-embed di halaman web dan di Google Web Font juga tidak tersedia dukungan untuk Font Arab sama sekali.

Oleh karena itu, penyusun berharap kepada pengunjung Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini untuk menginstall Font Arab Amiri dalam sistem operasi yang dipergunakannya. Bila dalam komputer yang dipergunakan untuk mengakses Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini tidak ada Font Arab lain yang mendukung penggunaan tanda baca yang penyusun pilih, maka tanda-tanda baca yang penyusun pilih akan ditampilkan dengan bentuk  atau dengan letak yang tidak semestinya.

Bagi pengguna Microsoft Windows Vista atau Microsoft Windows Seven, Font Arab Arabic Typesetting atau Sakkal Majalla sudah mencukupi untuk membaca Huruf Arab dalam Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini. Hanya saja mungkin ukuran Huruf Arab yang ditampilkan menjadi lebih kecil.

Demikian semoga informasi ini bermanfaat. Saran dan kritik yang membangun sangatlah penyusun harapkan demi kemajuan Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini. Mari bersama belajar dan berbagi ilmu!

Post a Comment

0 Comments