Ahlan wa Sahlan wa Marhaban atas Kunjungan Anda di Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak

Monday, May 28, 2012 4 Comments A+ a-

Ahlan wa Sahlan wa Marhaban
Ahlan wa Sahlan wa Marhaban
Ahlan (أَهۡلًا) : semoga Anda mendapatkan keluarga dan suasana kekeluargaan
wa Sahlan (وَ سَهۡلًا) : dan semoga Anda mendapatkan kemudahan
wa Marhaban (وَ مَرۡحَبًا) : dan semoga Anda mendapatkan keleluasaan dan kelapangan
  di tempat yang Anda singgahi ini1: Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak. Sebuah blog sederhana yang dibangun untuk mendokumentasikan berbagai catatan hasil belajar Ilmu Hisab Falak.

Ilmu Hisab Falak merupakan salah satu bidang keilmuan yang sangat menarik hati penyusun untuk mempelajarinya beberapa tahun yang lalu. Namun karena berbagai keterbatasan yang ada seperti waktu, sarana bahkan biaya membuat penyusun meliburkan diri dari mempelajari Ilmu Hisab Falak dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berbagai keterbatasan tersebut membuat penyusun hanya mampu mempelajari Ilmu Hisab Falak secara teroritis saja. Sementara untuk pelaksanaan di lapangan yang sangat penting terutama sebagai sarana pembuktian terasa sangat jauh dari kemampuan penyusun. Ditambah dengan tempat penyusun yang jauh dari tempat-tempat yang menyediakan sarana-sarana untuk praktik di lapangan. Hal tersebut masih ditambah dengan langkanya sumber rujukan, teman bahkan guru yang ahli di bidang Ilmu Hisab Falak di lingkungan penyusun.

Berbagai keterbatasan tersebut pulalah yang membuat penyusun menghapus blog Belajar Ilmu Hisab Falak yang pernah penyusun bangun kurang lebih satu tahun yang lalu. Blog yang hanya sempat penyusun isi dengan sebuah ungkapan "Ahlan wa Sahlan wa Marhaban (أَهۡلًا وَ سَهۡلًا وَ مَرۡحَبًا)".  Keinginan untuk belajar dan berbagi melalui blog tersebut seakan surut habis karena keterbatasan-keterbatasan di atas.

Pada waktu yang bersamaan, penyusun melihat aktifitas sharing di dunia internet tentang Ilmu Hisab Falak semakin meningkat. Hal tersebut ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah situs atau blog yang membahas materi-materi Ilmu Hisab Falak baik secara khusus maupun sebagai bagian dari berbagai materi yang dimuatnya. Bahkan di situs jejaring sosial Facebook pun muncul beberapa grup/forum diskusi tentang Ilmu Hisab Falak.

Meskipun tidak sebanyak bidang lainnya, namun adanya peningkatan baik secara kuantitas maupun kualitas merupakan sesuatu yang cukup membanggakan. Terlebih mengingat Ilmu Hisab Falak merupakan salah satu bidang keilmuan yang sangat membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi.

Hal tersebut membuat semangat penyusun untuk mempelajari ulang Ilmu Hisab Falak ini muncul kembali. Demikian juga keinginan untuk berbagi hasil belajar di dunia internet melalui sarana blog terlahir lagi. Meskipun segala keterbatasan tersebut di atas masih menjadi penghalang terbesar terwujudnya semangat dan keinginan tersebut.

Penyusun sangat berharap semoga dengan mempelajari ulang dan berbagi hasil belajar Ilmu Hisab Falak ini menjadi sarana untuk menghilangkan keterbatasan-keterbatasan tersebut secara bertahap. Bagaimanapun juga, penyusun teringat dan menyadari makna firman Allah dalam Al-Qur'an:

يَٰۤــأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوۤاْ إِن تَنصُرُواْ ٱللّٰهَ يَنصُرۡكُمۡ وَ يُثَبِّتۡ أَقۡدَامَكُمۡ. ﴿القرأن سورة محمد الأية 7﴾

"Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."2

dan sebuah kaidah dalam Ilmu Al-Qawa'id Al-Fiqhiyyah:

الۡمَيۡسُوۡرُ لَا يَسۡقُطُ بِالۡمَعۡسُوۡرِ.

"Sesuatu yang mudah tidak gugur karena sesuatu yang sulit."3

Semoga dengan menghidupkan kembali blog Belajar Ilmu Hisab Falak dengan nama dan alamat baru Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak segala keterbatasan yang menjadi penghalang dapat sedikit demi sedikit teratasi.

Meskipun Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak ini hanya berisi dokumentasi catatan hasil belajar Ilmu Hisab Falak yang sangat mendasar dan dengan bahasa dari orang yang masih sangat awam dalam bidang ini, penyusun berharap semoga ada manfaat darinya. Minimal bagi penyusun sendiri untuk mendapatkan masukan-masukan baik saran maupun kritik terutama koreksi dari yang ahli dalam Ilmu Hisab Falak, terutama dari mereka yang diberi kemudahan oleh Allah berupa ketersediaan biaya dan kesempatan sehingga mampu mempelajari Ilmu Hisab Falak secara formal akademis. Sehingga bila ada kesalahan penyusun dalam memahami suatu bagian dalam Ilmu Hisab Falak penyusun segera dapat memperbaikinya.

Mohon doa dan dukungan dari Anda yang sempat mengunjungi Catatan Belajar Ilmu Hisab Falak agar semangat dan keinginan penyusun untuk mempelajari ulang dan berbagai hasil belajar Ilmu Hisab Falak ini dapat terwujud. Mari bersama belajar dan berbagi hasil belajar!


Catatan Kaki

1 Lihat uraian selengkapnya tentang makna ungkapan "Ahlan wa Sahlan wa Marhaban" di Catatan Belajarku berjudul "Marhaban Ahlan wa Sahlan di Catatan Belajarku!".

2 Al-Qur'an Surat Muhammad (47) ayat 7.

3 Jalaluddin 'Abdurrahman ibn Aby Bakr As-Suyuthy, Al-Asybah wa Al-Nazhair fi Qawa'id wa Furu'i Fiqhi Al-Syafi'iy, Maktabah Nizar Mushthafa Al-Baz, Riyadh, cet. ke-2, 1418H/1997M, juz 1, hal. 256 (ebook didownload di sini tanggal 2 Rajab 1433 H / 23 Mei 2012 M). Dalam cetakan lama yang oleh penerbitnya diberi judul Al-Asybah wa Al-Nazhair fi Al-Furu', Dar Al-Fikri, Beirut, t.t., hal. 107 tertulis الۡمَيۡسُوۡرُ وَ لَا يَسۡقُطُ بِالۡمَعۡسُوۡرِ (terdapat tambahan kata وَ sebelum kata لَا). Penyusun memilih redaksi dari cetakan terbaru karena dalam kitab Al-Mawahib Al-Sunniyah karya 'Abdullah ibn Sulaiman Al-Jirhizy Al-Syafi'iy yang merupakan syarh kitab Al-Faraid Al-Bahiyyah Nazhm Al-Qawa'id Al-Fiqhiyyah karya Abu Bakr Al-Ahdaly Al-Yamany Al-Syafi'iy yang dicetak dalam hamisy Al-Asybah wa Al-Nazhair fi Al-Furu', Dar Al-Fikri, Beirut, t.t., hal. 270-271 tertulis seperti di atas (tidak terdapat tambahan kata وَ sebelum kata لَا). Bila  tambahan kata وَ sebelum kata لَا dalam cetakan lama tersebut bukan salah cetak, penyusun belum mengetahui fungsi dan kedudukan kata وَ dalam kalimat di tersebut. وَ اللّٰهُ أَعۡلَمُ باِلصَّوَابِ. Saudara/saudari yang masih segar penguasaan 'Ilmu Al-Nahwi-nya, mohon bantuannya untuk memastikan hal ini.


4 comments

Write comments
SUFAAT BOYAN
AUTHOR
Monday, 30 July 2012 at 10:30:00 GMT+7 delete

apakah dimuat software hisabnya?

Reply
avatar
Saturday, 10 November 2012 at 18:52:00 GMT+7 delete

@SUFAAT BOYAN
Sayangnya saya masih belajar membuat software juga. Sampai saat ini saya baru belajar Ilmu Hisab Falak menggunakan Microsoft Office Excel. Namun beberapa file yang saya susun masih saya pelajari ulang sehingga saya belum berani mempublikasikannya di sini. Saya masih belajar jadi hasil catatan belajar saya juga kemungkinan masih lama baru bisa saya publikasikan di sini. Terimakasih atas kunjungan Saudara

Reply
avatar
metha qutnie
AUTHOR
Monday, 3 December 2012 at 18:59:00 GMT+7 delete

saya sangat kagum dengan penulis :)
do'a saya INSYA ALLAH selalu menyertai semua harapan-harapan penulis amiiiiin
semoga saya dan teman-teman lainnya bisa seperti penulis !
amiin

saya dan teman2 akan selalu menunggu tulisan2 baru dari penulis :)

Reply
avatar
Monday, 3 December 2012 at 22:20:00 GMT+7 delete

@metha qutnie
Terimakasih atas doa dan juga kunjungannya.
Semoga Saudari diberi kemudahan oleh Allah subhanahu wa ta'ala dalam mempelajari Ilmu Hisab Falak ini dan dalam berbagai urusan.

Reply
avatar

Tinggalkan komentar Anda berupa saran atau kritik yang membangun dan menyempurnakan materi dalam catatan celajar Ilmu Hisab Falak ini! Terimakasih atas kunjungan Anda dan semoga Anda mendapatkan manfaat dari catatan celajar Ilmu Hisab Falak ini!